Revology Indonesia. Powered by Blogger.

Urgent Call / Whatsapp

082124562006
081388781099

Visitor

Tips Safety Mengerjakan Sandblasting

Sandblasting Helmet 
Sandblasting merupakan metode surface preparation (persiapan permukaan) paling efektif untuk membersihkan karat pada kendaraan, konstruksi baja pada gedung, dan lain sebagainya.
Proses sandblasting tersebut dapat menjadi sangat berbahaya jika kita tidak menggunakan perlengkapan safety yang tepat. Sebagai contoh pasir silika (silica sand) yang dipakai sebagai abrassive material pada proses sandblasting menimbulkan debu. Dan bukan hanya partikel debu yang terlihat yang kita khawatirkan tetapi justru partikel debu yang tidak terlihat bisa jadi sangat berbahaya bagi kesehatan kita.Bekerja dilingkungan dengan udara yang berdebu berbahaya untuk sistem pernafasan kita Oleh karena itu kita perlu menggunakan helmet khusus untuk sandblasting untuk melindungi kita.
Pada saat pemilihan helmet sandblasting sebaiknya
pilihlah yang memiliki saluran dan dapat menyalurkan udara bersih kedalam helm dengan lancar, pas serta nyaman dipakai. Selain aman ada beberapa ada beberapa hal lain yang juga harus anda perhatikan seperti :
  • Jangan pernah menggunakan helmet sandblasting jika ada bagian-bagian helmet yang hilang (tidak lengkap), meskipun masih terlihat layak untuk dipergunakan.
  • Pastikan helmet sandblasting yang dipakai pas di kepala anda dan tidak longgar. Jika longgar dapat menyebabkan partikel debu masuk melalui sela-sela helm yang anda pakai.
  • Pastikan supply udara yang masuk  ke dalam helmet lancar dan tidak tersumbat.
  • Gunakan filter breathing air filter (filter udara) yang bagus.
  • Jika anda mengerjakan sandblasting untuk perusahaan, crew anda harus selalu memastikan tingkat debu (dust level) tidak terlalu tinggi.
Terdapat saluran udara
Perlu diingat pada saat membersihkan debu (cleaning) setelah proses sandblasting, helmet harus tetap dipakai karena partikel debu masih tetap ada dan menempel pada pakaian yang anda kenakan.
Untuk beberapa hal membasahi area setelah proses sandblasting dapat mencegah kita dari bahaya partikel debu.
Selain helmet, headphone menjadi perlengkapan yang harus dipakai untuk melindungi kita dari suara bising proses sandblasting dan respirator digunakan pada proses pembersihan (cleaning) atau pada saat kita memindahkan barang yang disandblasting.
Jika anda melakukan pekerjaan sandblasting harap diperhatikan perlengkapan safetyb yang dipakai agar kesehatan kita terlindungi dengan baik.
Tidak perduli bagaimanapun kondisi pekerjaan sandblasting anda harus memastikan hal tersebut aman untuk anda dan sekeliling anda.
Selalu gunakan perlengkapan safety yang tepat karena itu merupakan hal yang penting dan harus menjadi perhatian para pekerja di bidang sandblasting. HARAP DIPERHATIKAN DAN JANGAN DIABAIKAN !!!

1 comments

Sergio Freddson June 26, 2015 at 10:21 PM

Sandblasting is a very serious job. It's something that's worth preparing for carefully. Making sure you have the right safety equipment and such is a great thing to do for sure. Thanks for sharing your tips with us! http://www.blastpro.com.au/services

Post a Comment